Kamis, 19 Februari 2015

Peralatan TIK ( kelas 7 )

Berdasarkan rentang waktunya peralatan komunikasi dibedakan menjadi dua :
  1. Media komunikasi pada masa lalu (kuno) yang termasuk media komunikasi masa lalu antara lain :
A.      Kentongan
Digunakan untuk memberi tahu warga atau masyarakat bahwa telah terjadinya sesuatu dengan menggunakan tanda yang berbeda beda antara satu peristiwa dengan peristiwa lainnya.

B.      Asap
Digunakan oleh suku indian untuk mengirimkan suatu pesan rahasia kepada teman ataupun lawan. Kode yang digunakan tidak memiliki standard yang baku. Misalnya satu asap dapat berarti bahaya dan tiga asap meminta bantuan
.
      C.      Prasasti dan daun lontar
Digunakan untuk surat menyurat antar kerajaan. Biasnya mereka menggunakan kulit kayu dan bambu sebagai bahan untuk menulis.
       2.  media komunikasi modern
a.       Telepon dan handphone  
Telepon menggunakan alat komunikasi yang dapat mengirimkan perkataan melalui sinyal listrik. Handphone merupakan salah satu alat telekomunikasi memungkinkan kita dapat berkomunikasi dimana saja dan kapan saja.
b.       Televisi (TV)  
Televisi merupakan sebuah alat penagkap siaran bergambar. Televisi berasal dari kata tele yang berarti jauh dan vision yang berarti tampak.
c.       Faksimail  
Alat yang mampu mengirimkan dokumen melalui jaringan telepon dengan hasil yang sama persis dengan aslinya.
d.       Telegraf  
Merupakan mesin pengirim dan penerima pesan jarak jauh. Telegraf dikirim menggunakan kata sandi yang membedakan ketukan dash (-) dan dok (.) dari pesan, kalimat, huruf, angka, dan tanda baca.
 
e.       Radio komunikasi (walkie talkie)
Merupakn radio yang memungkinkan berbicara dua arah atau mendengarkan lawan bicara secara bergantian. Alat ini dapat digunakan dengan jarak  ± 0,5-2,5 km.
f.       Radio
Teknologi yang digunakan pengriman sinyal dengan cara medulasi dan radiasi dekhomagnetik
g.       radio panggil
merupakan alat telekomunikasi pribadi untuk menyampaikan dan menerima pesan
h.       Telepon satelit 
Telepon yang memiliki fungsi yang sama dengan walkie talkie yang dilengkapi dengan mesin scaner otomatis untuk memindai gelombang fitur yang mengesankan.
 

Teknologi Komunikasi pada Zaman Perubahan

  1. 1.      Periode 2900 SM
Periode 2900 SM bangsa Mesir kuno telah menggunakan huruf-huruf herogfit untuk berkomunikasi. Huruf ini bersimbol object, binatang, DLL. Sistem penulisan telah digunakan oleh Dinasti Shang di China yang meerintah 1766 – 1050 SM

  1. 2.      Periode 500 SM
Pada periode 500 SM bangsa kuno telah menggunakan searat papirus sebagai kertas. Kertas terbuat dari serat pohon papirus yang zaman itu terdapat di Sungai Nil. Kebanyakan teksxx yang disimpan di perpustakaan Mesir kuno di atas gulungan.

  1. 3.       Periode 105 M
Pada periode ini, bangsa China menemukan kertas. Kertas tersebut dibuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring, dan dicuci kemudian diratakan dan dikeringkan. Pada periode ini bangsa Hindus telah membuat sistembilangan sembilan digit yang sampai digunakan saat ini.

  1. 4.       Telegraf
Telegraf pertama kali ditemukan oleh “ Samuel Finley Breese Morse “, seorang peneliti Amerika Serikat pada tahun 1837 dan di Inggris pada tahun yang sama oleh fisikawan “ Sir Charles Wheatstone “ yang berkerja sama dengan seorang insinyur Inggris “ Sir William F. Cooke “. Morese menggunakan kode sederhana untuk mewakili pesan yang ingin dikirim dengan menggunakan pulsa listrik. Morese menentukan bahwa sinyal bisa dikirim dengan jarak 32 km

  1. 5.       Telepon
Telepon ditemukan oleh “ Alexander Graham Bell “ pada tahun 1874 Bell mengembangkan idenya menjadi telepon, idenya terwujud pada tanggal 10 maret 1876 kemudian Bell mendirikan perusahaan TELEPHONE BELL TELEPHONE COMPANY pada tahun 1877. Kabel telepon pertama yang dibangun pada tahun 1977 yang mencakup jarak 3 MIL = 4,8 Km.

  1. 6.       Radio
Radio dikembangkan berdasarkan oleh penemuan dan teori yang telah dikembangkan oleh peneliti sebelumnya. Beberapa peneliti yang berjasa hingga terciptanya radio adalah “ Joseph Hendry dan Micheal Faraday “ yang menemukan teori induksi “ James Clerk Maxwell “ dan seorang fisikawan Jerman “ Hendrich Herts “ kemudian “ Nicola Tesla “ seorang penemu Amerika yang berasal dari Australia. Pada tahun 1895 “ Gugliemo Marconi “ seorang penemu Italia mengkombinasikan ide – ide yang sudah ada. “ Lee De Forest “ penemu AS kemudian mematenkan pipa tersebut.

  1. 7.       Televisi
Tahun 1884 GEORGE FASTMAN seorang penemu AS menemukan film foto fleksibel. Pada tahun 1887 THOMAS ALFA EDISON mematenkankamera untuk gambar bergerak. Pada tahun 1891 WILLIAM K.L DICKSON berhasil mengambil gambar bergerak selama 15 detik dan tahun1897 fisikawan dari Jerman berhasil mengembangkan tabung katodo sinar x

 

 

1 komentar: